Breaking News
Loading...
Saturday, August 24, 2013

Tim FORGI Menjuarai KPKM 2013

7:33:00 PM
FORGI - Universitas Indonesia baru saja meraih juara 1 dalam ajang KPKM 2013. KPKM (Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa) merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Dikti, berupa ajang kompetisi pemikiran kritis atas berbagai kebijakan pemerintah. Melalui KPKM ini mahasiswa dapat memberikan kritikan, masukan dan rekomendasi terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah. 

KPKM 2013 ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Terdapat tiga bidang yang dilombakan, yakni bidang politik, hukum dan Keamanan; bidang perekonomian; dan bidang kesra (ditekankan pada isu kesehatan dan pendidikan). Kompetisi ini diawali dengan pengiriman karya tulis berisi gagasan kreatif dari hasil analisis terhadap kebijakan pemerintah berdasarkan argumentasi ilmiah. Setelah melalui tahap seleksi, terpilih 36 tim yang lolos babak final untuk mempresentasikan gagasannya di depan para pakar atau tenaga ahli di bidangnya.

Tim yang lolos untuk mewakili UI dalam ajang KPKM 2013 ini terdiri dari 3 tim. Tim pertama di bidang Hukum, terdiri dari Annisa Noor (FH), Justitia Avila Veda (FH) dan Victor Ricardo (FH). Tim kedua di bidang kesra, terdiri dari Iffah Karimah (FH), Muthmainnah (FH) dan Nadya Demadevina (FH). Tim ketiga di bidang ekonomi terdiri dari Tulus Setiawan (FT), Latif Alfansyah (FT) dan Sony Ikhwanuddin (FT).

Tim yang mewakili UI dalam babak final KPKM 2013
Babak final yang diselenggarakan pada tanggal 20-21 September 2013 berlangsung sangat menarik. Ada banyak pemikiran-pemikiran kritis mahasiswa atas berbagai kebijakan pemerintah. Dialog komprehensif antara mahasiswa dengan para pakar pada saat presentasi memberikan pencerdasan tersendiri bagi setiap orang yang menyaksikan. Satu yang pasti, semua memiliki tujuan yang sama untuk Indonesia yang lebih baik.

Setelah melalui babak presentasi dan penilaian, selanjutnya diumumkan pemenang dalam ajang KPKM 2013 ini. Juara harapan bidang ekonomi adalah UB, bidang hukum UM Malang dan bidang kesra UNY. Juara 3 bidang ekonomi UNY, bidang hukum UGM dan bidang kesra Univ. Negeri Surabaya. Juara 2 bidang ekonomi UB, bidang hukum Univ. Sebelas Maret dan bidang kesra IPB. Juara 1 bidang ekonomi UI, bidang hukum Unhas dan bidang kesra IPB. 
Tim dari Forgi juara 1 KPKM 2013
Perwakilan UI yang meraih juara 1 bidang ekonomi merupakan tim dari FORGI FTUI. Gagasan yang diusulkan adalah tentang strategi pengembangan pemanfaatan gas bumi sebagai substituen minyak bumi untuk menyelamatkan perkonomian nasional, dibawah bimbingan Dr. Ir. Praswasti PDK Wulan M.T. (DTK UI). 

Ajang KPKM ini bukanlah tujuan akhir. Ini merupakan salah satu sarana bagi para mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya. Semoga suara-suara mahasiswa ini bisa didengar oleh para pembuat kebijakan. Semoga dengan adanya KPKM ini bisa membuat mahasiwa bisa berperan lebih melalui berbagai gagasannya untuk membangun bangsa.

3 komentar:

  1. National Council of Educational Research and Training (NCERT) has open in High Schools Starting fresh After Summer Holidays This Year 6th Class Academic year 2022, 5th class Primary School Complete Students Class Chiang New Class Room in 6th Class, dear Students get your new NECRT 6th class English Textbooks in High School, Students Textbook Provide in Your High School, NCERT English Textbooks for 6th Class Every Year Government School free Distortion in Subject Wise new Textbooks for Students, But Any Problem Books not Available in School no Problem, NCERT Class VI English Text books 2022 Will be Provided All Subject Wise Chapter Wise.

    ReplyDelete
  2. I like the stuff that you choose to publish on your krunker website and I thank you for doing so.

    ReplyDelete
  3. Wonderful post. This post is one of the best posts according to my point of view. Your work is so good and impressive. Thanks for it 1v1 lol

    ReplyDelete

 
Toggle Footer